Publikasi
Siap Berdayakan UMKM, Pemerintah Libatkan Shopee Indonesia
13/07/2019

Untuk meningkatkan jangkauan Program UMKM Go Online, Pemerintah melibatkan pemilik platform jualan online. Melalui program ini, pemerintah ingin memastikan jutaan UMKM mendapatkan akses dan fasilitas dalam memanfaatkan teknologi digital.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Aptika Kemkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan program UMKM Go Online ini sebagai pemerataan akses pasar melalui digital untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

“Melalui program ini, UMKM kini memiliki dua kios, satu kios ada di pasar sebagai tempat berjualan sehari-hari, satu lagi kios yang berada di dunia maya,” ujar Semuel di acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Fasilitasi UMKM Go Online dengan Shopee, di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Menurut Dirjen Semuel, melalui dua jenis kios tersebut, peluang UMKM semakin besar dalam mengembangkan bisnisnya. Lebih dari itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin lebih baik.

Selain itu, lanjut Semuel, pengembangan bisnis berbasis online tentunya lebih mudah, cepat, efektif dan efisien. “Proses ini memerlukan kerjasama antar pemerintah, market place dan e-wallet seperti Shopee, tujuan kita untuk sama-sama membina dan membantu para UMKM Indonesia berbisnis online,” tuturnya.

Apresiasi Shopee

Direktur Shopee Indonesia Handika Jahja menilai, perkembangan internet dan pertumbuhan e-commerce, membuat Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu pusat ekonomi terbesar di dunia.

Potensi tersebut seiring dengan upaya pemerintah yang terus fokus membangun infrsturktur telekomunikasi. Sehingga, hal ini perlu diakselerasikan dengan pertumbuhan ekonomi digital.

“Perkembangan internet dan perkembangan e-commerce ini masih banyak sekali potensi untuk berkembang. Jadi, dengan pertumbuhan yang sangat pesat ini, kami ikut berkomitmen untuk memajukan ekonomi digital ini,” ujar Handika di acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Fasilitasi UMKM Go Online dengan Shopee, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Melihat potensi tersebut, Handika meyakini Shoppe dan Kementerian Kominfo dalam hal ini, memiliki visi dan misi yang sama. Olehnya itu, Shopee juga menjadi salah satu platform yang bekerjasama sama dalam program UMKM Go Online ini.

“Acara hari ini diwujudkan dari kesamaan visi dan misi, tentunya dari Shopee Indonesia, dan juga Kominfo untuk memajukan ekonomi digital. Khususnya untuk UMKM di seluruh Indonesia,” ujar Handika.

Menurut Handika, Shopee menyadari pertumbuhan ekonomi, bisnis dan digital di Indonesia, terutama dari perusahaan kecil dan menengah, akan menjadi sangat kuat dan stabil untuk memajukan ekonomi di negara ini.

Oleh karena itu, Shopee yang telah memiliki pengguna dan penjual di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia ini, senantiasa mendukung program-program pemerintah untuk memajukan ekonomi yang lebih baik.

“Kami di Shopee akan terus mendukung perkembangan ini, dan dimulai dengan beberapa program kami, salah satunya adalah UMKM Go Online,” pungkasnya.

Sumber: jpp.go.id
https://jpp.go.id/humaniora/iptek/334257-siap-berdayakan-umkm-pemerintah-libatkan-shopee-indonesia

Berita Terpopuler

Tahun ini PNM Alokasikan Pendanaan Rp...
16/05/2019
Selengkapnya
Arief Mulyadi: Penerbitan POJK PNM me...
13/07/2019
Selengkapnya
Serentak di 4 Kota, MMI Gelar Dialog ...
12/07/2019
Selengkapnya