Publication
Selain Hadirkan Jokowi, Konsep Gelaran Harkopnas Akan Gaet Para Milenial
11/07/2019

Untuk memperingati Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli 2019, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) akan menggelar perayaan Harkopnas 2019 di Purwokerto, Jawa Tengah dengan berfokus kepada para kaum millenial.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun dijadwalkan akan menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi pada 12 Juli 2019 mendatang di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Mengusung tema “Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0’, perayaan Harkopnas diperkirakan akan dihadiri sekitar 20.000 masyarakat koperasi dan para stakeholders koperasi dari seluruh Indonesia. 

Peringatan Hari Koperasi 2019 disebut-sebut akan dirayakan secara agak berbeda dimana untuk pertama kalinya puncak peringatan Harkopnas digelar di Ibu Kota Kabupaten, yaitu Kota Purwokerto, Ibu Kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selama ini, puncak  peringatan Harkopnas selalu diselenggarakan di Ibu Kota Propinsi. 

Selain terobosan baru memilih Kota Kabupaten, kegiatan Harkopnas 2019 juga bervariasi dan berlangsung dalam periode cukup lama, 8 bulan, yaitu dari Bulan Maret hingga Oktober 2019 mendatang.

Diketahui perayaan puncak Harkopnas 2019 tersebut juga sangat kental dengan warna milenial serta bernuansa budaya dan kearifan lokal. Menurut ketua Harkopnas 2019, Pahlevi Pangerang menyatakan bahwa dekopin dan pemerintah (Kemenkop dan UKM) selalu berupaya agar hari koperasi yang dirayakan setiap tahun menjadi wadah konsolidasi segenap stakeholdsr gerakan koperasi nasional.

"Lebih dari itu, Harkopnas merupakan momentum tahunan sebagai upaya secara terus-menerus mempromosikan koperasi sebagai sistem ekonomi berkeadilan yang menyejahterakan,” ujar Ketua Harkopnas 2019, Pahlevi Pangerang,  di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Senin (24/6/2019).

"Sasaran kami untuk para generasi millenial. Karena koperasi kan biasanya diidentikkan dengan kaum-kaum tua. Jadi, pada momentum kali ini, kami mengajak para pemuda, selain untuk menjadi peserta acara, juga sebagai pengurus acara," ungkapnya lagi.

Pahlevi, menjelaskan alasan Kemenkop UKM memilih Purwokerto sebagai tempat puncak acara adalah karena kota ini memiliki kaitan sejarah yang cukup erat dengan koperasi. Disinilah tempat kelahiran koperasi pertama di Indonesia yang juga cikal bakal Bank Rakyat Indonesia (BRI). Konsep ekonomi kerakyatan ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang patih bernama Raden Wiryaatmaja pada tahun 1896 silam.

Sumber: Akurat.co
http://akurat.co/ekonomi/id-665759-read-selain-hadirkan-jokowi-konsep-gelaran-harkopnas-akan-gaet-para-milenial

Most Popular

Tahun ini PNM Alokasikan Pendanaan Rp...
16/05/2019
More
Arief Mulyadi: Penerbitan POJK PNM me...
13/07/2019
More
Serentak di 4 Kota, MMI Gelar Dialog ...
12/07/2019
More