Publikasi
Raih ISO 27001, PNM-IM Pacu Inovasi Reksa Dana Online
10/03/2021

Raih ISO 27001, PNM-IM Pacu Inovasi Reksa Dana Online

 

JAKARTA - PT PNM Investment Management (PNM-IM) berhasil memperoleh sertifikasi ISO 27001 pada Februari 2021. Dengan ISO ini, Perseroan akan memacu pengembangan inovasi bisnis reksa dana online ke sektor ritel yang berbasis teknologi digital melalui aplikasi Sijago.

"Di era teknologi digital ini, Perseroan terus meningkatkan kapabilitas dan inovasi model bisnis yang tetap fokus pada core business yakni reksa dana," kata Presiden Direktur PNM Investment Management Bambang Siswaji di Jakarta, Selasa (9/3).

Menurutnya, sertifikasi ISO 27001 menunjukkan langkah inovasi Perseroan untuk meningkatkan layanan keamanan informasi bagi perlindungan data nasabah reksa dana. Pasalnya, dengan diraihnya ISO 27001 ini PNM-IM telah menerapkan dan memenuhi standar persyaratan manajemen keamanan informasi yang ketat.

ISO 27001 merupakan standar sertifikasi internasional bagi perusahaan ataupun organisasi dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau Information Security Management Systems (ISMS). Sertifikasi ISO 27001 ini juga menjadi ikon standardisasi dan best practise manajemen keamanan informasi di perusahaan maupun organisasi besar di level global.

Perusahaan yang telah bersertifikasi ISO 27001 berarti telah melakukan langkah-langkah untuk mencegah pelanggaran data dan melindungi perusahaan dari berbagai ancaman penyalahgunaan data. Sehingga, bisa diantisipasi risiko kebocoran data perusahaan yang semakin meningkat di tengah berkembangnya bisnis di era informasi digital.

Seperti diketahui, PNM Investment Management tengah melakukan inovasi dengan mengembangkan bisnisnya ke reksa dana ritel melalui aplikasi Sijago. Melalui Sijago ini, transaksi reksa dana bagi investor ritel bisa dilakukan secara online sehingga semakin mudah dan fleksibel sesuai kebutuhan nasabah. 

Pengembangan bisnis reksa dana online lewat Sijago ini juga seiring dengan berkembangmya era informasi digital maupun meningkatnya jumlah investor ritel, khususnya kalangan milenial di pasar modal.

Karena itu, sebagai anak usaha PT Permodalan Nasional Madani (Persero), BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan UMKM, implementasi ISO 27001 oleh PNM-IM ini juga menjadi salah satu bagian dari perwujudan Core Value BUMN yaitu AKHLAK.

“Penerapan Manajemen Sistem Keamanan Informasi ini merupakan penerapan prinsip Adaptif di mana PNM-IM sebagai anak usaha BUMN terus melakukan inovasi dan antisiipasi dalam menghadapi perubahan zaman,” tuturnya.

Selain itu, menurut Bambang, keberhasilan mendapatkan sertifikasi ISO 27001 ini juga menjadi tolok ukur dan bentuk kepatuhan Perseroan terhadap praktik tata kelola perusahaan yang baik dan regulasi. Sehingga, hal ini akan semakin meningkatkan kredibilitas dan reputasi Perseroan dalam mengelola bisnisnya di industry reksa dana dan keamanan informasi pada khususnya.

 Terkait hal ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.1/POJK.05/2015 tentang Penerapan Manajemen Risiko Bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank. Selain itu, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No.4 tahun 2016 juga telah mengatur tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.

 

***

 

 Sekilas tentang PNM Investment Management

PT PNM Investment Management adalah perusahaan yang bergerak di bidang kelola dana (manajer investasi) dan merupakan anak usaha PT Permodalan Nasional Madani (Persero), perusahaan BUMN yang dikhususkan bagi pengembangan dan pemberdayaan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). PNM Investment Management yang berdiri sejak 1999 dan telah berpengalaman luas di bidang industri reksa dana di Indonesia. Perseroan memfokuskan usahanya di bidang jasa investasi dan mengemban misi khusus untuk mendukung misi PT PNM (Persero) dan mendukung pengembangan sektor riil, terutama sektor infrastruktur termasuk energi berkelanjutan dan bisnis penghasil devisa, sektor UMKM dan ekonomi kreatif.

 

Berita Terpopuler

PNM Telah Salurkan Bantuan Presiden k...
09/10/2020
Selengkapnya
Banpres Tak Kunjung Sampai ke Penerim...
09/10/2020
Selengkapnya
PNM Resmi Menanggalkan Status Perseroan
03/11/2021
Selengkapnya