Publikasi
PT PNM ikut memberdayakan masyarakat pesisir di Maros
23/09/2021

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) ikut memberdayakan masyarakat pesisir berupa bantuan akses air bersih, program ruang pintar dan pelatihan klasterisasi sektoral olahan hasil laut kepada nasabah di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki di Makassar, Selasa, mengatakan akses air bersih, pembangunan ruang pintar dan pelatihan klasterisasi sektoral olahan hasil laut adalah salah satu wujud peduli dan bentuk dukungan PNM dalam pemberdayaan masyarakat pesisir.

"Semua bantuan sosial ini diberikan bagi nasabah PT PNM dan kebutuhan terkait akses air bersih, program ruang pintar dan pelatihan klasterisasi olahan hasil laut menjadi prioritas bagi warga," ujarnya.

Sunar Basuki didampingi Bupati Maros Andi Syafril Chaidir Syam mengatakan bantuan-bantuan dalam pengembangan kesejahteraan masyarakat menjadi penting bagi PT PNM.

Menurut dia, survei yang dilakukan beberapa waktu lalu, masyarakat Desa Nisombalia ini kesulitan mendapatkan air bersih dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

"Pengadaan akses sumber air bersih ini tentunya kami harapkan akan membantu kebutuhan air bersih bagi warga Desa Nisombalia yang selama ini kesulitan mendapatkan akses sumber air bersih. Saya percaya, ketika akses air bersih didapat, warga dapat hidup lebih sehat, kesejahteraan keluarga lebih terjamin dan mampu berkarya lebih baik untuk memajukan kelompoknya," katanya.
Kepala Desa Nisombalia Zulkarnain mengatakan, sedari dulu Desa Nisombalia memang tidak pernah memiliki akses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. 

Dia mengaku jika selama ini warga desa hanya memanfaatkan air dari luar kampung yg dibeli dalam kemasan jerigen yang harganya cenderung mahal, atau memanfaatkan air hujan. Akses air bersih bagi warga Dusun Kuri Caddi merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Bukan hanya air bersih, tetapi program ruang pintar dan pelatihan klasterisasi sektoral olahan hasil laut merupakan berkah bagi desa ini," katanya.

Sunar Basuki menambahkan, PNM telah membuka ruang pintar melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) secara berkelanjutan.

Ruang pintar di Desa Nisombalia uuga dibuka untuk memfasilitasi anak-anak dari nasabah PNM Mekaar dan masyarakat sekitar untuk belajar atau kegiatan lainnya secara daring. 

"Ruang pintar yang telah dibuka di Desa Nisombalia meliputi paket buku, paket alat tulis, paket gizi, akses internet, komputer, meja dan kursi, proyektor, rak buku, dan tempat cuci tangan. Melalui Ruang pintar yang disediakan selama satu tahun untuk anak-anak dari nasabah PNM Mekaar dan masyarakat sekitar, PNM berharap ikut berkontribusi dalam mencerdaskan masyarakat prasejahtera yang kesulitan untuk belajar online, khususnya di Dusun Kuri Caddi," ucapnya.

Sumber: https://makassar.antaranews.com/berita/301525/pt-pnm-ikut-memberdayakan-masyarakat-pesisir-di-maros

Berita Terpopuler

PNM Telah Salurkan Bantuan Presiden k...
09/10/2020
Selengkapnya
Banpres Tak Kunjung Sampai ke Penerim...
09/10/2020
Selengkapnya
Tahun ini PNM Alokasikan Pendanaan Rp...
16/05/2019
Selengkapnya