Publikasi
Penyaluran Kredit Ultra Mikro (UMi) di Kendal
29/03/2021

Kendal, 23 Maret 2021 - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) kini masih aktif menyalurkan pembiayaan kepada pelaku UMKM di tengah pandemi. Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi melakukan penyerahan secara simbolis Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) kepada UMKM Kendal di Kantor Bupati Kendal, Jawa Tengah pada hari Kamis, tanggal 23 Maret 2021 sebesar Rp 4 juta, mendampingi Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati. Penyaluran pembiayaan ini merupakan bentuk nyata keberpihakan pemerintah melalui BUMN dalam meningkatkan ekonomi masyarakat kecil. 

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Komisi XI DPR RI, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah Ririn Kadariyah dan Bupati Kendal Dico Ganinduto. Kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dengan Pemda Kendal juga dilakukan dalam kesempatan ini, dilanjutkan dengan akad pembiayaan Pusat Investasi Pemerintah (PIP)  dan akad KUR, dilanjutkan dengan kunjungan bazaar UMi oleh nasabah Mekaar, KUR dan LPEI.

Arief Mulyadi dalam kesempatan ini berbagi cerita dan pengalamannya. Ia juga memotivasi dan mengajak para nasabah PNM dan Account Officer untuk memperluas pola pikir untuk semangat bekerja dalam meningkatkan perekonomian keluarga prasejahtera, dan untuk percaya bahwa kerja keras akan mendatangkan hasil positif. Arief Mulyadi juga bercerita bahwa mayoritas Account Officer merupakan tamatan SMA, namun mereka tetap semangat menempuh pendidikan lanjutan di Universitas Terbuka (UT).

“jadikan hari ini hari yang bersejarah, dan jadikan hari-harimu pelajaran dan berpengalaman karena masih banyak orang-orang yang menginginkan posisi seperti kita. Jangan lupa selalu bersyukur, serta libatkanlah Allah SWT di setiap langkah kita.” ujarnya.

Dalam bazaar UMi, KUR dan LPEI yang digelar oleh nasabah PNM menampilkan beberapa karya seni, seperti kuda lumping dan topeng. Kuda Lumping merupakan pertunjukan tari rakyat yang sangat populer di Jawa Tengah, atau sering disebut “Jaran Kepang”. Selain berusaha, UMKM Kendal juga bertujuan ingin melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia ke penjuru dunia melalui kerajinan tangan bersama PNM.

Sebagai informasi, hingga Desember 2020 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 24,349 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 7,8 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki lebih dari 3.300 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 439 Kabupaten/Kota, dan 4.450 Kecamatan.

***

 

 

 

 

 

Informasi lebih lanjut:

 

YR Wijayandaru

Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan

PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

yrwijayandaru0329@pnm.co.id

www.pnm.co.id

 

 

Berita Terpopuler

PNM Telah Salurkan Bantuan Presiden k...
09/10/2020
Selengkapnya
Banpres Tak Kunjung Sampai ke Penerim...
09/10/2020
Selengkapnya
Tahun ini PNM Alokasikan Pendanaan Rp...
16/05/2019
Selengkapnya