Publication
Pawon Semar Ciptakan Magnet Dahsyat Lahirkan Start Up PawonSemarMall
11/07/2019

Pawon Semar (Paguyuban Wong Semarang) menyambut positif Kota Semarang dinobatkan 1 dari 10 nominasi Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia yang ditetapkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf RI). Masuknya Kota Semarang sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia menjadi lompatan besar bagi Kota Semarang atas pengakuan nasional.

Ketua Umum Pawon Semar Mayjen (Purn) TNI Hendardji Soepandji mengatakan Kota Semarang yang menjadi nomine sebagai Kota Kreatif ini tentu juga akan didukung Pawon Semar dan menjadi program serta agenda penting perkumpulan wong Semarang.

"Pawon Semar sangat siap menyukseskan Semarang sebagai destinasi pariwisata utama nasional dan internasional dengan kreatifitas warga dan para pemangku kepentingan lainnya," ujar Hendardji saat Halal Bihalal Pawon Semar yang dipusatkan di pelataran Anjungan Jateng, TMII, Jakarta Timur, Minggu (23/6/2019).

Mantan Danpuspom TNI ini juga mengapresiasi niat baik Wali Kota Hendrar Prihadi yang mengajak perkumpulan para perantau Semarang di Jabodetabek, khususnya Koperasi Pawon Semar bisa terlibat aktif dalam pengembangan ekonomi kreatif sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota Pawon Semar. Bahkan Walkot Hendrar Prihadi menyatakan kesediaannya sebagai Brand Ambassador untuk Pawon Semar Mall dan Endorser untuk produk-produk UMKM pilihan Pawon Semar Mall. 

Hendardji menyebut Koperasi Pawon Semar dalam waktu dekat juga akan menyesuaikan bisnis yang dilakukan secara digital dengan menciptakan marketplace sendiri yang diisi oleh berbagai usaha para anggota dan pengusaha Koperasi termasuk sebagai pengguna atau pembeli produk-produk dalam aplikasi ini.

PawonSemarMall yang menjadi nama startup ini akan menjadi kekuatan komunitas Pawon Semar sebagai koperasi dalam mengembangkan dan memberdayakan serta membesarkan e-commerce besutan wong Semarang.

Kekuatan komunitas, kata Hendardji, membedakan PawonSemarMall dengan startup raksasa nasional seperti Tokopedia dan Bukalapak yang baru memiliki kekuatan komunitas setelah perusahaan membesar.

"Jadi kami sudah punya komunitas lebih dulu. Ini akan menjadi kekuatan warga Semarang yang ingin memperkuat silaturahmi lewat e-commerce di era digitalisasi," jelas adik kandung mantan Jaksa Agung Hendarman Soepandji ini.

Ini, lanjutnya, menjadikan organisasi akan besar sesuai harapan anggotanya jika terjadi interaksi positif dalam silaturahmi secara produktif. Selain itu akan ikut mengantarkan maju dan berkembangnya UMKM yang dikelola oleh wong Semarang.

Konsep e-commerce mereka cukup unik karena mengutamakan keanggotaan koperasi Pawon Semar sebagai mesin penggeraknya.

Ketua Koperasi Pawon Semar, Setyo Edy mengatakan dalam pengelolaan Pawon Semar Mall akan memiliki iuran pokok dan iuran wajib yang akan menjadi kekuatan e-commerce ke depan. Cara ini mengadopsi konsep serupa di Inggris yang disebut Go Cooperative.

Setyo menyebut jumlah keanggotaan koperasi Pawon Semar saat ini baru sekitar 250 orang dari perkiraan 20 ribu warga Semarang yang ada di Jakarta. Sementara Paguyuban baru memiliki 400 anggota dengan 13 kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Itu artinya masih banyak pekerjaan pengurus Pawon Semar untuk mengajak warganya untuk bergabung ke e-koperasi.

Hendardji menegaskan, meskipun terdengar ekslusif, tapi target pasar dan wilayah kerja PawonSemarMall nantinya bersifat nasional.

"Kami akan memajukan ini perlahan. Sekarang anggota koperasi baru ratusan orang ditambah warga Kota Semarang sekitar 1,6 juta juga akan kami ajak ikut bergabung. Namun secara umum ke depan, kami ingin ini bisa menasional," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bambang Suranggono menegaskan Pemkot Semarang sangat mendukung langkah Paguyuban Wong Semarang dan inisiasi pembentukan Koperasi Pawon Semar hingga cepat dan taktis merespon digitalisasi transaksi bisnis UMKM anggotanya dengan mendevelop marketplace Pawon Semar.

“Kalau untuk kemajuan dan kemanfaatan warga Pawon Semar, Pak Wali sangat siap jadi Brand Ambassador Pawon Semar Mall. Beliau berharap nantinya bisa disinergikan dengan program-program Pemkot secara produktif dan berdaya serta berhasil guna,” kata Bambang Suranggono.

Sementara Ketum Ika Undip, Maryono mengatakan sebagai salah satu komunitas yang beranggotakan secara jamak wong Semarang, dalam kesempatan sambutannya menyambut positif geguyuban dalam wadah Pawon Semar yang semakin besar dan memberikan dampak positif bukan saja silaturahminya tetapi juga produktivitasnya. Terlebih dengan dibuatkannya startup baru ini akan mengakslerasi dan memperlancar konektivitas semua yang sudah jadi anggota maupun yang belum. 

Ketum Ika Undip Drs Maryono yang juga Dirut Bank BTN memberikan sambutan dan masukan untuk kemajuan Pawon Semar 

"Ika Undip juga siap mendorong alumni Diponegoro untuk bergabung dalam Pawon Semar dan ikut berkontribusi secara positif demi kemajuan bersama," kata Dirut Bank BTN ini.

Komjen Pol (Pur) Setyo Wasisto selalu Ketua Alspero Indonesia (Alumni SMP Loro) di Semarang juga menyatakan siap mendukung kegiatan Pawon Semar dengan memfasilitasi pelatihan dan pembinaan anggota Koperasi Pawon Semar termasuk dalam memasuki era Revolusi Industri 4.0.

"Kita juga siap memfasilitasi para usahawan Koperasi Pawon Semar memanfaatkan bazaar dan pameran yang digelar Kemenperin," ujar Irjen Kemenperin ini.

Sementara itu kemeriahan panggung HBH juga makin menyita perhatian sekitar 3000-an warga Semarang se-Jabotabek saat menyaksikan tim kesenian Kota Semarang dengan tampilan Tari Semarang Hebat yakni tari yang menggambarkan tentang keindahan baik seni budaya, kepariwisataan dan kemajuan Kota Semarang. Juga Tari Bambu Krincing yang mengangkat tentang keberadaan flora yakni tanaman bambu merupakan tumbuhan epidemi ciri khas dari Daerah Tujuan Wisata (DTW) Goa Kreo yang merupakan tempat Petilasan Kanjeng Sunan Kalijaga ketika mencari soko jati sebagai tonggak Soko Guru pembangunan Masjid Agung Demak.

Ida Parwati selaku Sekjen Pawon Semar mengatakan beberapa aktivitas berkeseniaan dari beberapa pengurus wilayah Pawon Semar menjadi magnet pengunjung karena beberapa penampilan yang unik dan menarik seperti hadirnya penari Warak Ngendog yang menjadi icon Kota Semarang dan penampilan artis era 80 yang populer di masanya,

Deddy Dhukun dan Imaniar juga mampu menyihir semua pengunjung untuk tampil nyanyi dan joged di panggung Ojo Dumeh AJT.

Yudo Hadiyanto selaku Ketua Panitia HBH Pawon Semar 2019 menyebut dalam HBH kali ini, Pawon Semar ingin menyenangkan dan membahagiakan warganya dengan memanjakan suguhan kuliner khas Semarangan secara gratis, seperti mangut Iwak pe, mie kopyok Pak Dhuwur, pecel komplit, babat gongso, tahu baxo, lumpia dan tahu petis seperti tahun sebelumnya serta undian doorprize dengan hadiah yang sangat memuaskan, seperti TV, HP, kulkas, sepeda gunung, Home Appliance lainnya yang disumbang oleh warga Pawon Semar sendiri.

“Geguyuban ini adalah dari, oleh, dan untuk warga Pawon Semar yang selama setahun ini belum sempat saling memaafkan dan berjumpa langsung satu dengan lainnya, ”ujarnya.

Yudo Hadiyanto mengatakan tema HBH, "bodho dhung Semarangan" menjadi momentum dentuman kebangkitan Pawon Semar untuk memberi manfaat dan value bermakna bagi warganya. Kebangkitan yang dimaksud dari penggalian potensi yang berbasis ekonomi kerakyatan dengan sarana koperasi E-commerce.

Koordinator Sponsorhip dan Donatur, Eko Wijomoyo mengatakan respon dan atensi warga Semarang, sponsor dan donatur dalam HBH pun sangat positif. 

Beberapa perusahaan besar juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan paska lebaran ini. Salah satunya PT Djarum, SidoMuncul, Mayora, Bank BTN, Pertamina, Garudafood, Indocev, Cito serta donatur perorangan.

"Kami mewakili Panbes Pawon Semar memberikan apresiasi tinggi kepada para sponsor dan donatur sehingga HBH ini berjalan dengan sukses. Sukses partisipatif kedatangan warga Semarang di Jabodetabek, sukses unjuk usaha, sukses geguyuban untuk silaturahmi sampai kapan pun,"ucap Eko.

Pawon Semar dalam HBH tahun ini juga akan menargetkan event ini sebagai momentum untuk memberikan manfaat bisnis bagi wong Semarang di parantauan karena juga digelar bazar produk unggulan anggota Pawon Semar.

Sumber: suarakarya.id
https://www.suarakarya.id/detail/94832/Pawon-Semar-Ciptakan-Magnet-Dahsyat-Lahirkan-Start-Up-PawonSemarMall

Most Popular

Tahun ini PNM Alokasikan Pendanaan Rp...
16/05/2019
More
Arief Mulyadi: Penerbitan POJK PNM me...
13/07/2019
More
Serentak di 4 Kota, MMI Gelar Dialog ...
12/07/2019
More