Publikasi
ITDC Gandeng PNM Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar The Mandalika
02/03/2021

Untuk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar desa penyangga The Mandalika, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menyelenggarakan kegiatan tanggung jawab sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan bagi 45 KK atau 133 warga yang tinggal di lokasi relokasi sementara di HPL 94 di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB.

Kegiatan “Ruang Pintar” diikuti sekitar 50 orang anak yang berasal dari 3 Dusun yaitu Dusun Ebunut, Ujung Lauk, dan Ujung Daye, yang dilanjutkan dengan pembagian sarapan sehat.

Ruang Pintar merupakan sarana belajar untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, Hospitality, dan membangkitkan minat baca guna menyiapkan masyarakat di wilayah HPL 94 menyambut perkembangan pariwisata.

Kepala Divisi Jasmen dan PKBL PNM yang membawahi program TJSL, Cut Ria Dewanty menyebutkan, program Ruang Pintar ini dilengkapi fasilitas penunjang belajar seperti Bale Belajar, komputer jinjing, buku bacaan, dan jaringan internet. Kegiatan ruang pintar ini dilakukan bekerja sama dengan lembaga pendidikan Kita Pixel berupa pendampingan selama sepuluh kali pertemuan dalam tiga bulan.

Menurut Cut Ria Dewanty, kegiatan pelatihan menanam tanaman di lahan sempit dengan media polibag dilaksanakan untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Pelatihan ini dibimbing oleh tenaga ahli pertanian dengan harapan masyarakat menjadi mandiri dengan menanam, merawat, dan menghasilkan tanaman sayuran untuk memenuhi konsumsi rumah tangga.

Sementara, kegiatan edukasi tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak serta pelatihan memasak dilakukan menggandeng PT Kimia Farma (Persero) dan Tata Boga SMKN 1 Praya. Kegiatan memasak ini mengajarkan pemanfaatan bahan-bahan sederhana dan mudah didapat di sekitar wilayah tempat tinggal dalam membuat makanan bergizi bagi anak-anak.

“Program ini dilaksanakan dengan harapan agar angkat gizi keluarga dan kemampuan tumbuh kembang anak yang tinggal di HPL 94 semakin meningkat. Para orang tua juga diberikan edukasi mengenai makanan sehat yang baik agar kecukupan gizi anak tetap terjaga,” papar Dewanty.

Dewanty menambahkan, Kolaborasi antara ITDC dan PNM sejalan dengan nilai kolaborasi yang terdapat dalam budaya ker-ja AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), yaitu tata nilai dan core value yang dirumuskan oleh Kementerian BUMN dan wajib diimplementasikan oleh BUMN di Indonesia.

“Melalui kerjasama ini diharapkan agar program CSR yang dijalankan dapat memberikan manfaat kese-hatan, pendidikan dan ekonomi secara berkelanjutan bagi masyarakat. Hal ini sebagai perwujudan Sus-tainable Development Goals (SDG) pada poin ke-3 dan ke-4. Kami berharap kolaborasi antar BUMN ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat di wilayah kerja ITDC dan PNM,” papar Cut Ria Dewanty.

Sementara itu, VP Corporate Secretary ITDC Miranti Nasti Rendranti menjelaskan, apresiasinya atas dukungan PNM yang telah menginisiasi program pelatihan tersebut bersama ITDC.

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan PNM terhadap pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika, yang ditunjukkan melalui kepedulian lingkungan dan sosial bagi masyarakat di HPL 94,” kata Miranti.

Miranti berharap semoga pelatihan yang berlangsung selama tiga bulan ini memberikan manfaat bagi masyarakat, juga memperkuat hubungan sinergi dan kolaborasi ITDC bersama PNM sebagai BUMN,” tutup Miranti.

Kepala Dusun Ebunut Rahmat Panye pada kesempatan itu menjelaskan, adanya pelatihan menanam, memasak, kegiatan edukasi tentang kesehatan anak dan tumbuh kembangnya, serta kegiatan ruang pintar itu diharapkan dapat terus berlanjut hingga ke jenjang berikutnya.

“Pelatihan kepariwisataan maupun wirausaha lainnya kami harapkan dapat membantu masyarakat di HPL 94 bekerja secara mandiri, sehing-ga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Kadus.

Sumber : http://lombokita.com/itdc-gandeng-pnm-tingkatkan-kesejahteraan-masyarakat-sekitar-the-mandalika/

Berita Terpopuler

PNM Telah Salurkan Bantuan Presiden k...
09/10/2020
Selengkapnya
Banpres Tak Kunjung Sampai ke Penerim...
09/10/2020
Selengkapnya
PNM Resmi Menanggalkan Status Perseroan
03/11/2021
Selengkapnya