PNM logo
Pilih Bahasa : Indonesia | English | Site Map
PNM
Kamis, 07 Maret 2013 11:26 WIB
PNM Tingkatkan Kewirausahaan Nasabah UMK

JAKARTA – Lembaga keuangan nonbank milik Negara, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM terus mendorong  pelaku usaha mikro kecil menjadi wirausahawan yang berdaya saing. Ini dilakukan dengan pelatihan regular kepada para nasabah UMK.

Anton Mart Irianto selaku Corporate Secretary PNM mengatakan, program pelatihan nasabah ini merupakan bagian terintegrasi dari bisnis PNM sebagai BUMN yang dikhususkan bagi pemberdayaan UMKM.

“Aktivitas pemberdayaan UMK yang mengombinasikan bisnis pembiayaan dan capacity building ini masih menjadi keunggulan dan keunikan bagi PNM dibanding para pesaingnya,” ujarnya di Bekasi, Rabu (6/3).

Langkah ini dinilai dapat mengoptimalkan bisnis perseroan maupun kontribusi PNM dalam mendukung program pemerintah, khususnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah.

“Seiring dengan terus bertumbuhnya profitabilitas perusahaan, kami pun terus akan meningkatkan program pendampingan kami kepada UMK baik secara kualitas maupun kuantitas di 2013 ini,” lanjutnya.

Sebagai kick off di tahun 2013, PNM melalui Cabang Jakarta menggelar pelatihan regular program PKU kepada sekitar 75 nasabah UMK dari berbagai sektor usaha di Bekasi dan sekitarnya. Untuk memberikan pelatihan UMK ini, PNM menghadirkan trainer terkemuka, Dewanto Purnomo dan tema yang diangkat adalah “Kiat untuk Menjadi Wirausahawan yang Sukses”.

Pemimpin PNM Cabang Jakarta, Lukman Rizal mengatakan, untuk menjadi wirausahawan yang sukses tentu diperlukan banyak faktor pendukung seperti kualitas dan keunikan produk atau jasa yang ditawarkan serta strategi pemasaran maupun mental pantang menyerah.

“Intinya, pelatihan ini akan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pelaku UMK, pemahaman dan pengalaman itulah yang coba kami bagi pada UMK yang hadir kali ini,” tuturnya.

Arief Mulyadi selaku Kepala Divisi PKU mengatakan di 2012, PNM telah memberikan pelatihan sebanyak 132 kali kepada 7.425 UMK di 22 provinsi dan akan menambah 5 klasterisasi industri unggulan di 2013. 

Selain melaksanakan program regular, PNM pun melakukan program pendampingan usaha berbasis klasterisasi industri UMK di beberapa daerah. Di antaranya adalah Sentra Keripik Nenas di Pekanbaru, Sentra Gula Semut di Pontianak, Sentra Rempeyek Pelemadu di Bantul, Yogyakarta, Sentra Keripik Singkong di Solear, Tangerang, Sentra Pengrajin Keset Kain Limbah di Kecamatan Pringapus, Semarang, serta klaster/kelompok pengrajin gula kelapa di Pacitan.

PNM Cabang Jakarta saat ini memiliki 5 kantor klaster dan 35 kantor Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan telah menyalurkan pembiayaan kepada sekitar 4.115 nasabah.

Pada 2012, capaian outstanding PNM Cabang Jakarta per Februari 2013 mencapai Rp 212 miliar dengan kualitas pembiayaan yang baik di mana rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) hanya sebesar 1,7%.

Sejak 2009, PNM telah memiliki total nasabah UMK yang disalurkan melalui ULaMM secara akumulatif lebih dari 160 ribu di seluruh Indonesia.  Ditargetkan pada tahun ini jumlah nasabah baru mencapai sekitar 40 – 60 ribu.

Dengan meningkatnya jumlah nasabah baru itu, perseroan menargetkan penyaluran pembiayaan mikro sekitar Rp3,07 triliun pada 2013 atau tumbuh hamper 10% dibandingkan tahun lalu. Secara akumulasi selama periode 2008 – 2012 penyaluran pembiayaan mikro PNM mencapai Rp7,2 triliun.

Guna menunjang raihan target jumlah nasabah tersebut, PNM memperluas jaringan layanan bisnis dengan penambahan 4 kantor cabang, 3 cabang pembantu, 20 kluster, dan 100 kantor ULaMM baru. Sehingga jaringan kantor layanan akan menjadi 708 yang terdiri dari 577 ULaMM, 96 klaster, 27 kantor cabang dan 8 kantor cabang pembantu.


News & Event
11 Maret 2014 11:41 WIB

Dengan ini diumumkan bahwa PT Permodalan Nasional Madani (Persero) sebagai perusahaan jasa keuangan milik pemerintah mengundang perusahaan asuransi yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengikuti proses pelelangan pengadaan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan.

19 Desember 2013 14:10 WIB
14 Desember 2013 10:06 WIB
11 Desember 2013 08:13 WIB
10 Desember 2013 10:11 WIB
08 Desember 2013 10:13 WIB