PNM logo
Pilih Bahasa : Indonesia | English | Site Map
PNM
Senin, 27 Februari 2012 16:33 WIB
PNM Surabaya Latih Nasabah ULaMM Kluster Pasuruan

4

Pasuruan - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Surabaya melakukan pelatihan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) bagi nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) Klsuter Pasuruan di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu.

Pelatihan yang dibuka Kepala Bidang Divisi PKU PT PNM Dani Detyawan diikuti sebanyak 70 nasabah yang merupkan para pelaku usaha mikro kecil (UMK) di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kepala PNM cabang Surabaya, Haryono mengatakan, pelatihan bertemakan Manajemen Keuangan Rumah Tangga dan Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses dan Mulia diharapkan para nasabah ULaMM akan mampu mengelola keuangan dengan baik, termasuk melakukan perencanaan usaha.

Dijelaskan, pelatihan terhadap para nasabah ULaMM PNM yang merupakan para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) dilakukan di seluruh kantor PNM di Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk layanan PNM yang membedakan dengan lembaga keuangan lain, dimana para nasabah akan mendapatkan pembinaaan secara berkelanjutan tanpa dikenakan biaya," paparnya.

Dengan cara tersebut, lanjut Haryono, para nasabah diharapkan mampu mengoptimalkan pembiayaan yang telah diterimanya, sehingga tidak hanya bisa mengembalikannya secara tepat waktu, tapi juga mampu meningkatkan kapasitas usahanya.

Kegiatan ini, juga untuk membantu program pemerintah dalam pengembangan perekonomian masyarakat yang bersifat "pro poor", "pro job", dan "pro growth".

Selain melakukan pelatihan secara reguler, PNM juga aktif membina UMK berdasarkan kluster. Pola pembinaan berbasis kluster ini dilakukan dalam rentang waktu yang lebih lama dan menyeluruh, mencapai 6 bulan hingga satu tahun.

Kegiatan tersebut diawali dengan proses "assesment", guna mengetahui berbagai kebutuhan para anggota kluster, dilanjutkan dengan serangkaian pelatihan baik menyangkut perkuatan kelompok, manajamen usaha, manajemen keuangan, kewirausahaan, desain produk, pemasaran, teknologi pengemasan, dan sertifikasi.

Yang menarik pelatihan dilakukan sengan metode "fun game". Peserta pelatihan juga diberi suvenir "celengan" (alat menabung tradisional). Pemberian "celengan" aneka warna mengandung falsafah agar para nasabah mampu memilahkan mana keuangan keluarga, bisnis, dan "saving".

Sebab, kata Haryono, banyak pengusaha kecil dan mikro terutama pengusaha pemula yang tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Antara keuangan rumah tangga dengan keuangan untuk usaha masih sering tumpang tindih. Akibatnya sulit diketahui kondisi keuangan yang sebenarnya. Sering seorang pengusaha telah merasa untung, tapi pada kenyataannya justru rugi.

"Pelatihan dengan tema manajemen keuangan rumah tangga dan rahasia menjadi pengusaha sukses dan mulia ini, diharapkan para nasabah PNM mampu mengelola keuangan sebaik-baiknya," tuturnya.

Kepala Bidang Divisi PKU PT PNM, Doni Dityawan menyebutkan, banyak kluster yang telah dibina PNM, di antaranya kluster rempeyek di Pelemadu, Bantul, Yogyakarta. Kluster kripik singkong di Solear, Tangerang, Banten. Kluster kain perca di Pringsurat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sertaerta kluster gula kelapa di Pacitan, Jawa Timur.

Doni Dityawan menyebutkan, dalam rahun 2012 jumlah kluster yang akan mendapat pembinaan akan lebih banyak lagi. Begitu juga pelatihan nasabah secara reguker sepertidi Pasuruan ini akan dilakukan pula di berbagai Kantor Cabang PNM di seluruh Indonesia.

Kepala PNM Cabang Surabaya, Haryono menjelaskan, PNM merupakan lembaga keunagan nonbank dengan status Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain memberi bantuan moidal, PNM juga memberi bekal ilmu, serta spiritual berupa budi pekerti dalam berbisnis untuk membentuk akhlak mulia.

Disebutkan, pertimbuhan PNM di Jatim telah mencapai 87 Uni Layanan Modal Mikro (ULaMM). Sedangkan secara nasional telah berdiri 22 Cabang PNM dengan 477 ULaMM yang akan terus ditingkan hingga menjangkau seluruh wuilayah kecamatan di seluruh Indonesia.

Dijelaskan pula, PNM yang merupakan lembaga keuangan nonbank tidak melakukan penghimpunan dana masyarakat, tapi sebaliknya PNM justru menyalirkan dana pemerintah untuk kegiatan ekonomi masyarakat dengan bunga yang kompetitif.(*)

 

Sumber: http://antarajatim.com/lihat/berita/83139/pnm-surabaya-latih-nasabah-ulamm-kluster-pasuruan


News & Event
11 Maret 2014 11:41 WIB

Dengan ini diumumkan bahwa PT Permodalan Nasional Madani (Persero) sebagai perusahaan jasa keuangan milik pemerintah mengundang perusahaan asuransi yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengikuti proses pelelangan pengadaan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan.

19 Desember 2013 14:10 WIB
14 Desember 2013 10:06 WIB
11 Desember 2013 08:13 WIB
10 Desember 2013 10:11 WIB
08 Desember 2013 10:13 WIB