PNM logo
Pilih Bahasa : Indonesia | English | Site Map
PNM
Senin, 18 April 2011 15:55 WIB
Profil Perusahaan


PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, didirikan sebagai bagian dari solusi strategis pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan akses permodalan dan program peningkatan kapasitas bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK). Solusi ini pada akhirnya dapat melahirkan pelaku-pelaku UMKMK yang tangguh, mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja baru.

Sebagai dasar hukum pendirian PNM, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah RI No 38/99 tanggal 29 Mei 1999 yang kemudian disahkan oleh peraturan Menteri Kehakiman RI No C-11.609.HT.01.TH.99 tanggal 23 Juni 1999. Pendirian PNM kemudian dikukuhkan lewat SK Menteri Keuangan RI No 487/KMK.017/1999, tanggal 13 Oktober 1999, yang menunjuk PNM sebagai  salah satu BUMN Koordinator Penyalur Kredit Program eks BLBI yang sebelumnya dilakukan oleh Bank Indonesia. Untuk menjalankan tugas ini PNM didirikan dengan modal dasar sebesar Rp 1,2 triliun dengan modal disetor sebesar Rp 300 miliar.

Sejak awal kelahirannya, PNM mengusung amanat pemerintah untuk menumbuh kembangkan serta memajukan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah serta Koperasi (UMKMK) sebagai salah satu pilar utama pembangunan ekonomi nasional. Secara strategis, PNM diarahkan untuk memberikan solusi finansial maupun non finansial bagi sektor UMKMK.

Untuk menjaga keberlangsungan usaha, efektifitas operasional serta meningkatkan daya saing perusahaan, PNM tetap berpegang kepada prinsip-prinsip ekonomi pasar dalam memberikan solusi permodalan kepada pelaku UMKMK dengan menerapkan studi kelayakan yang memadai dalam setiap solusi finansial yang diberikannya. Untuk memaksimalkan manfaat kepada para pemangku kepentingan yang dilayaninya, PNM menerapkan pendekatan solusi non konvensional yang berbeda dengan pelayanan yang diberikan oleh industri perbankan.

Solusi non finansial yang diberikan PNM kepada para pelaku UMKM telah memberikan positioning yang unik bagi PNM dalam industri pembiayaan di Indonesia. Solusi non finansial berupa peningkatan kapasitas (capacity building) kewirausahaan para pelaku usaha mampu menjaga tingkat pengembalian penyaluran modal pada tingkat yang diharapkan. Selain itu, solusi ini juga membuat para pelaku UMKMK dapat memperoleh manfaat maksimal dari bantuan permodalan yang diterimanya. Jasa manajemen dan capacity building bagi koperasi simpan pinjam, BPR/S, maupun lembaga keuangan mikro/syariah lainnya di seluruh Indonesia adalah beberapa solusi non finansial yang diberikan PNM kepada para mitra usahanya.

Pada periode awal, PNM mendapatkan sumber pendanaan hanya dari pemerintah untuk menjalankan misi yang diembannya. Namun seiring dengan perkembangan usaha dan operasional yang dialaminya, PNM mampu memperoleh kepercayaan sumber-sumber pendanaan non pemerintah untuk memperkuat dan memperluas jangkauan operasionalnya. Sejak tahun 2009, PNM mendiversifikasi sumber pendanaannya melalui kerjasama dengan pihak ketiga yaitu perbankan dan pasar modal. Hal ini sekaligus juga membuktikan bahwa dalam menjalankan fungsi utamanya sebagai penggerak sektor UMKMK, PNM menerapkan prinsip-prinsip akuntabilitas dan best practices  dari sebuah perseroan terbatas yang memiliki komitmen nyata untuk mencapai kemandirian dan martabat yang lebih baik bagi  bangsa.

Visit our fanpage: PT PNM (Persero) - ULaMM 

  Follow our Twitter: @ULaMMPNM

Visit ULaMM's web: http://www.ulammpnm.com/

Visit PNM's BUMN Site: http://www.bumn.go.id/pnm/


News & Event
11 Maret 2014 11:41 WIB

Dengan ini diumumkan bahwa PT Permodalan Nasional Madani (Persero) sebagai perusahaan jasa keuangan milik pemerintah mengundang perusahaan asuransi yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengikuti proses pelelangan pengadaan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan.

19 Desember 2013 14:10 WIB
14 Desember 2013 10:06 WIB
11 Desember 2013 08:13 WIB
10 Desember 2013 10:11 WIB
08 Desember 2013 10:13 WIB